Promosi Doktor a.n dr. Lailia Nur Rachma, M.Biomed

Diseminasi dr Lailia Nur

Tanggal 8 Agustus 2022 Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran FKUB telah meluluskan mahasiswa atas nama Lailia Nur Rachma dan telah resmi menyandang gelar (Dr.). Dr. dr. Lailia Nur Rachma, M.Biomed adalah staf dosen di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. dr Lailia telah mempersentasikan hasil Disertasinya dengan judul Potensi Aspergillus oryzae dalam Penghambatan Faktor Virulensi dan Produksi Biofilm Klebsiella pneumoniae. Dr. dr. Lailia Nur Rachma, M.Biomed menerbitkan 3 jurnal internasional bereputasi, meraih predikat Dengan Pujian dan IPK 4.00 dengan Komisi Pembimbing, Promotor : Prof.Dr.dr. Sumarno, DMM.,SpMK.(K) Ko-promotor 1: Dr.rer.nat. Tri Yudani Mardining Raras, M.App.Sc. Ko-promotor 2 : Prof.Dr.dr. Loeki Enggar Fitri, M.Kes.,SpParK. Berikut ringkasan disertasi beliau :

Saat ini Klebsiella pneumoniae menjadi bakteri oportunistik berbahaya dengan karakteristik highly producing biofilm. Dikarenakan adanya korelasi antara biofilm dan tingginya virulensi K. pneumoniae, represi perkembangan biofilm dan faktor virulensi melalui hambatan quorum sensing (QS) diharapkan dapat menjadi strategi eradikasi K. pneumoniae. Pada mekanisme QS, bakteri memproduksi Acyl Homoserine Lactone (AHL) yang merupakan molekul Autoinducer 2 (AI2). Acyl Homoserine Lactone kemudian berikatan dengan reseptor LuxR yang ada di dalam sitoplasma K. pneumoniae.

Penelitian ini terdiri atas 3 tahap penelitian. Tahap pertama yaitu produksi dan skrining potensi antibiofilm protein intra A. oryzae (AOIP) dan protein ekstraseluler A. oryzae (AOEP) terhadap KPESBL. Tahap kedua berupa uji in vitro aktivitas penghambatan QS AOEP terhadap K. pneumoniae melalui pengukuran ekspresi ekspresi gen mrkA, ompA, lppA, palRR, wzI, produksi siderophore, EPS, CPS dan biofilm K. pneumoniae. Kemudian dilanjut dengan tahap ketiga yaitu uji aktivitas AOEP secara in vivo berupa life span killing assay Caenorhabditis elegans yang diinfeksi dengan K. pneumoniae.