termpaperwriterTugas dan Fungsi Sesuai Dengan Struktur Organisasi Program Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya adalah:

Ketua Program Studi

Ketua Program Studi mempunyai tugas:

  1. menyusun program kerja sebagai pedoman kerja dengan prinsip efisiensi, akuntabilitas, dan transparansi;
  2. memimpin dan melaksanakan fungsi manajerial program studi untuk pengendalian pelaksanaan proses kegiatan akademik serta pengadministrasian kegiatan pendukungnya;
  3. melakukan koordinasi dengan Ketua Jurusan dalam hal penyusunan kebijakan mutu dan sasaran mutu; dan
  4. mengelola pelaksanaan pendidikan program studi untuk pencapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pimpinan fakultas dengan bekerjasama dengan pihak terkait (Kolegium /Asosiasi).

Ketua Program Studi mengemban fungsi terealisasinya:

  1. koordinasi semua stakeholder untuk mengimplementasikan dan berpartisipasi dalam pengembangan kurikulum yang dibuat Kolegium/Asosiasi;
  2. koordinasi dengan ketua jurusan dan sekretaris jurusan serta kepala Departemen/Laboratorium dalam melakukan penjaminan mutu akademik;
  3. koordinasi dengan Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan serta            Kepala Departemen/Laboratorium dalam menyusun rencana dan pertanggungjawaban penerimaan mahasiswa;
  4. pertanggungjawaban dan kerjasama dengan  Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan dalam persiapan Akreditasi Program Studi;
  5. program kerja untuk pengembangan mutu pendidikan;
  6. program unggulan yang memperkuat eksistensi program studi berdasar rencana pengembangan fakultas;
  7. penyusunan rencana dan koordinasi kegiatan pelaksanaan praktikum/stase lapangan mahasiswa;
  8. koordinasi penyusunan konsep rencana pembelajaran semester berdasarkan ketentuan yang berlaku;
  9. pembuatan pembagian tugas perkuliahan dan beban mengajar dosen;
  10. penyusunan instrumen monitoring pelaksanaan perkuliahan dan implementasinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan mutu Program Studi;
  11. monitoring dan pencapaian kompetensi dan menentukan keberhasilan studi mahasiswa, serta melakukan evaluasi terhadap lama studi para mahasiswa;
  12. studi pelacakan terhadap mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan;
  1. masukan tentang kinerja para dosen dan karyawan administrasi kepada ketua jurusan;
  2. pemberian dan atau pengusulan sanksi untuk mahasiswa kepada ketua jurusan sesuai aturan yang berlaku;
  3. penyusunan laporan kinerja program studi baik melalui pangkalan data perguruan tinggi, dan atau borang akreditasi;
  4. pengusulan perencanaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia; dan
  5. pengelolaan surat-surat yang berkaitan dengan mahasiswa (ijin cuti, ijin, perpanjangan studi dan kegiatan-kegiatan mahasiswa).

 Unit Monitoring dan Evaluasi

Tugas:

Membantu Ketua Program Studi dan bekerja sama dengan UJM, dalam:

  1. melaksanakan penjaminan dan pengembangan mutu akademik tingkat  Program Studi;
  2. melaksanakan dan mengoordinasikan tenaga kependidikan dalam pengadministrasian data dukung kegiatan akademik;
  3. persiapan akreditasi Program Studi;
  4. menyusun instrumen, melaksanakan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan proses  belajar mengajar untuk meningkatkan mutu pendidikan;
  5. membuat tracer study/ studi pelacakan terhadap mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan; dan
  6. menyusun laporan kinerja Program Studi secara berkala, untuk dilaporkan ke Ketua Jurusan.

 Unit Kurikulum

Tugas:

  1. Melaksanakan perencanaan, pengkajian, dan pengembangan kurikulum di tingkat Program Studi; dan
  2. Melakukan monitoring dan evaluasi internal terhadap kurikulum, proses belajar mengajar, keterampilan instruksional dosen, dan infrastruktur Akademik di tingkat Program Studi.

 Fungsi:

Unit Kurikulum berfungsi sebagai unit penunjang Program Studi dan bertanggung jawab kepada Dekan melalui Ketua Program Studi dan Ketua Jurusan.

Koordinator Keilmuan (Mata Kuliah Penunjang Disertasi

Tugas:

  1. Mengoordinasikan perancangan, implementasi pembelajaran, asesmen, dan pengembangan kompetensi klinik dan komunitas (kognitif, psikomotor dan profesionalisme) pada setiap Rotasi pada Departemen Klinik, Komunitas dan Jejaring Pendidikan;
  2. Mengoordinasi perancangan, implementasi pembelajaran, asesmen, dan pengembangan keterampilan klinik dengan Koordinator Ketrampilan klinis/ Skill;
  3. Membantu KPS mengoordinasikan tenaga kependidikan untuk menyusun dan mengirimkan laporan kegiatan secara periodik,  laporan kegiatan pendidikan termasuk nilai & hambatan studi mahasiswa dilaporkan setiap akhir rotasi dan menyusun laporan keuangan setiap bulan; dan
  4. Mengusulkan kepada KPS, Ketua Jurusan, Komite Koordinasi Pendidikan, atau Komisi Kode Etik FKUB berupa pemberian peringatan, melakukan pembinaan, dan mengusulkan sanksi atas pelanggaran mahasiswa, yang sebelumnya telah di konfirmasi atau diteliti sesuai dengan peraturan yang berlaku melakukan monitoring dan evaluasi pembelajaran di Jejaring RS atau Wahana, dan melaksanakan pengembangan pendidikan di Jejaring RS atau wahana.

Unit Tugas Akhir / Disertasi

Tugas :

  1. Pengecekan hasil Plagiasi Mahasiswa, sudah memenuhi pesyaratan atau belum untuk disertakan dalam Disertasi mahasiswa.
  2. Mengecek lembar persetujuan authorship publikasi jurnal internasional, serta mengecek kelengkapan jurnal ( Nama institusi, nama author dan co-author, Scopus/predator dan quartil jurnal )

Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan

Tugas :

  1. Memproses data nilai dan mencetak KHS, KRS di sistem SIAKAD
  2. Menyiapakan data akademik proses yudisium (Berita acara, SKL, Daftar lulusan dan SK Yudisium)
  3. Membuat dan merekap presensi kehadiran Dosen dan mahasiswa S3
  4. Memproses surat keluar (yang berkaitan dengan surat akademik dan undangan ujian) dan pengajuan surat tugas serta SK pembimbing dan perkuliahan.
  5. Menyiapkan berkas akademik ujian mahasiswa S3 ( ujian SPP, kualifikasi, komisi, proposal, SHP, Tertutup dan Terbuka)
  6. Menyiapkan berkas Akademik perkuliahan MKDU dan MKPD
  7. Menyiapkan data dukung untuk mengevaluasi mahasiswa bermasalah yang berhubungan dengan akademik
  8. Memproses transkrip mahasiswa S3
  9. Menyiapkan berkas akademik ujian MKDU
  10. Pelayanan Her regristrasi mahasiswa S3

Administrasi Keuangan dan SDM

Tugas :

  1. Menyusun RBA Prodi per tahun dan kebutuhan prodi per bulan
  2. Menerima uang muka kerja dari bendahara pengeluaran pembantu
  3. Menyiapkan berkas-berkas keuangan ujian-ujian dan membayar honorariumnya
  4. Menghitung dan membayarkan honorarium kegiatan prodi salain ujian-ujian rutin
  5. Membayar transaksi-transaksi keuangan lain selain honorarium
  6. Memproses surat permintaan surat tugas dan surat-surat lain yang berkaitan dengan keuangan
  7. Merekap pengeluaran dan melaporakannya dalam bentuk laporan SPJ GU tiap bulan
  8. Menghitung dan membayarkan pajak prodi
  9. Merekap dan melaporakan penerimaan prodi

10. Memproses dan mengarsip kuitansi SPJ dan berkas-berkas keuangan lainnya

11. Membuat rekapan anggaran untuk pengajuan dana LS

12. Menyiapkan data dukung keuangan untuk AIM, Borang dan pemeriksaan keuangan lainnya

Administrasi Umum dan Barang Milik Negara

Tugas :

  1. Menyiapkan ruangan ujian mahasiswa S3
  2. Operator SELMA
  3. Menyiapkan berkas penerimaan mahasiswa baru
  4. Mengarsip surat masuk, surat keluar
  5. Menyiapkan ruangan untuk ujian terbuka dan yudisium
  6. Mengirimkan surat di area dalam dan luar UB
  7. Membuat surat keluar  (undangan, keterangan, permohonan)